PERANCANGAN RUKO DALAM TIGA VERSI


ruko dua lantai
alternatif desain ruko
.


ruko dua lantai
alternatif desain ruko
ruko dua lantai
alternatif desain ruko
ruko dua lantai
alternatif desain ruko
ruko dua lantai
alternatif desain ruko

Investasi ruko memang menjadikan peluang usaha sendiri terhadap para pelaku usaha di Kota Malang. Klien ini menunjukkan ketertarikan untuk mengikuti tren tersebut. Tetapi seakan terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan yang berpotensi mengarahkan ke sesuatu yang merugikan, bagi investasi dan juga bagi kawasan.

Saya melihat ruko-ruko disekeliling kawasan yang ternyata banyak yang kosong dan juga kebutuhan perkantoran yang ternyata meningkat di kawasan itu, mengakibatkan banyak ruko berubah fungsi sebagai rukan. Tetapi dengan fasilitas arsitektural yang seadanya (yang sebenarnya ditujukan untuk ruko). Oleh Karena itu saya sarankan untuk merubah konsep ruko pemilik menjadi rukan (rumah kantor).

Dengan merubah fungsi menjadi rukan akan didapat keuntungan yang berlipat. Jika disewakan didapat modal kembali dalam jangka waktu 8 tahun. Jika pada tahun ke 9 pemilik kemudian memutuskan untuk menjual properti itu, maka didapat keuntungan kotor total mencapai 1.2 milyar rupiah. Dibandingkan dengan hanya menjual ruko yang mempunyai keuntungan kotor hanya 300 juta rupiah.

Seorang arsitek tidak hanya merancang bangunan fisik tetapi juga memberi gambaran tentang hal lain. Dalam hal ini bisnis dan investasi.



Klien : Pak Bambang
Bisnis Klien: Pengusaha
Luas Tanah: 403 m2
Lokasi: Malang
Luas Bangunan Lt 1: bervariasi sesuai alternatif
Luas Bangunan Lt 2: bervariasi sesuai alternatif
Konsep Arsitektural: Modern
Lingkup Pekerjaan: konsep arsitektural, denah, bentukan 3d 
Waktu: Februari 2010

Comments