Rumah Farid Malang

Mereka bilang arsitek merancang rumahnya sendiri adalah yang paling sulit untuk dilakukan. Karena banyak keinginan ini itu. Idealisme ini itu yang mana seorang arsitek tahu bagaimana mewujudkannya. Namun memilih mana yang harus diwujudkan dan di prioritaskan saat terdapat keterbatasan dana adalah berkah tersendiri.

Rumah ini dibangun tahun 2016 dan dihuni tahun 2017. Saya ingat saat tahun 2009 lalu saya pernah diberi tahu bahwa pekerjaan lapangan itu bukan untuk saya. Saya dianggap tidak bisa padahal belum pernah mencobanya. Di proyek ini saya nekat melakukannya menjadi kontraktor sendiri dan akhirnya tahu bahwa pekerjaan lapangan tidak terlalu sulit. 

Dari proyek ini saya bisa yakin bahwa saya bisa mewujudkan desain sampai terbangun oleh saya sendiri. saya desain dan saya kontraktor sendiri. 

Bahkan saya bisa menekan harga rumah sampai 30-40% dari harga umumnya tanpa mengurangi kualitas bahan bangunan. Bahkan karena rumah saya sendiri, saya memakai ukuran struktur yang besar, memakai kualitas besi yang besar dan banyak, campuran semen yang hanya menggunakan pasir cor, tidak memakai pasir tanah. Kalau dindingnya dipaku pakunya yang bengkong. Bahkan jika memakai paku cor, palunya yang rusak.

Dengan gaya desain yang industrialis, sesuai dengan tema menghemat budget. Saya belajar banyak hal. mulai dari menghitung bahan bangunan, yang alhamdulillah hampir semua pas sesuai perhitungan. Tidak banyak kelebihan atau kekurangan bahan bangunan. Sampai koordinasi bahan bangunan, tukang dan pekerja sub kontraktor. Semua saya pelajari sejalan dengan pekerjaan dilaksanakan.

Namun dalam proses penghunian-lah, saya melakukan beberapa kesalahan desain. Pertama menggunakan jendela yang terlalu besar dan atap transparan yang membuat ruangan di dalam panas dan bising. Yang akhirnya dengan terpaksa rumah saya renovasi dan ganti. Meski membutuhkan biaya renovasi yang tidak terlalu banyak, perubahan signifikan saya rasakan. 

Meskipun demikian, rumah adalah proses. Saat ini sudah enak dan nyaman, namun beberapa upgrade sudah saya impikan. Bahkan juga bermpimpi membeli tanah lagi untuk dibangun rumah yang lain, untuk investasi. Mohon doanya.   

Berikut desain terupdate
















 Lokasi

Comments